Friday, July 6, 2012

Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Liburan


Assalamu’alaikum sobat blogger se-dunia.




Saat tulisan ini saya buat, liburan sekolah sedang berlangsung dan selang satu bulan lebih, sebuah ritual mudik lebaran pun akan segera dimulai. Banyak keluarga menyambut gembira datangnya liburan dengan mempersiapkan sebuah perjalanan wisata baik domestik maupun ke luar negeri. Bagi sebuah keluarga kecil, kadangkala saat berangkat menikmati liburan beberapa hari terpaksa rumah ditinggalkan tanpa ada sanak keluarga yang menempatinya. Hal ini sangat beresiko dimana tingkat kejahatan saat ini sangat tinggi, disamping itu bahaya kebakaran pun menjadi kekhawatiran kita yang lain. Tentunya kita berharap, baik kita dan keluarga aman saat pergi, saat menikmati  dan saat pulang dari liburan. Rumah kita pun harus aman dari pencurian maupun bahaya kebakaran.

Berikut ini, saya akan memberikan tips aman meninggalkan rumah saat liburan, bila rumah tidak ada yang menjaganya :
  • Rapikan dan bersihkan dulu rumah beberapa hari sebelum berangkat. Sampah yang ada dibuang jangan sampai tertinggal karena dapat menimbulkan bau tak sedap.
  • Jangan meninggalkan rendaman cucian pakaian di dalam kamar mandi atau pun dalam mesin cuci. Kita semua tahu bila pakaian direndam dalam waktu lama akan mengakibatkan bau dan pakaian yang mudah luntur akan mengenai pakaian lainnya.
  • Keluarkan tanaman yang ada di dalam rumah, agar mendapatkan cahaya matahari yang cukup.
  • Bila memiliki hewan peliharaan seperti anjing atau kucing, perlu dititipkan ke tempat penitipan hewan untuk mendapatkan perawatan selama kita bepergian. Ini sangat penting, karena pernah terjadi di daerah Batam, beberapa ekor anjing memangsa tuannya saat baru kembali dari liburan. Usut punya usut ternyata tuan anjing tersebut tidak memberi makanan, minuman serta perawatan selama liburan, disamping itu tidak ada anggota keluarga lain yang tinggal di rumah. Anjing-anjing tersebut, ada yang mati dan ada pula yang bertahan hidup sampai kepulangan tuannya. Nah, yang hidup inilah langsung menyambut kedatangan tuannya dengan terkaman buas, sang tuan pun tewas mengenaskan.
  • Lepaskan selang dan regulator kompor gas dari tabungnya, ini untuk mengantisipasi kebocoran gas.
  • Matikan alat listrik yang ada di dalam rumah seperti lampu kamar, lemari es, magic jar dan sisakan lampu teras depan atau samping saja. Untuk menandakan seolah-olah ada yang menunggu di malam hari, juga untuk memudahkan pemantauan oleh penjaga keamanan di lingkungan anda.
  • Beritahukan rencana keberangkatan anda ke tetangga terdekat, ketua RT dan petugas keamanan di lingkungan anda, titipkan rumah selama liburan. Khusus untuk penjaga malam, selain menitipkan rumah, berikanlah sekedar uang rokok atau uang saku agar tanggung jawabnya tidak terlupakan begitu saja, disamping itu sebagai sarana sedekah kita. Karena sedekah sebelum melaksanakan perjalanan, Insya Allah akan memberikan ketenangan serta keselamatan selama perjalanan liburan.
  • Periksa kembali semua perlengkapan yang dibawa dan berdoa lah kepada Allah SWT agar perjalanan pergi dan kembali ke rumah dijauhkan dari marabahaya.

Demikianlah tips sederhana dari saya. Selamat menikmati liburan.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb….Happy Blogging

80 comments:

MROrde on July 7, 2012 at 7:29 AM said...
This comment has been removed by the author.
Reyhan Favian on July 7, 2012 at 7:31 AM said...

Nice Infonyo Pak...

niken on July 7, 2012 at 7:32 AM said...

Info penting ini mas, soalnya saya berniat mudik nanti... thanks ya..

M. Chandra Panjinata on July 11, 2012 at 6:49 AM said...

@MROrde, Reyhan Favian, Niken : semoga bermanfaat dan selamat liburan, terima kasih sudah mampir

insan cita on July 12, 2012 at 10:28 AM said...

aku gak mudik tahun ini kang :(

M. Chandra Panjinata on July 12, 2012 at 4:00 PM said...

@Insan Cita: sayang sekali, tapi tak apa bisa menikmati lebaran di kota...salam hormat...

galedeg on July 13, 2012 at 7:38 PM said...

paass banget bentar lagi mau mudikk liburannnn

ariflaw on July 13, 2012 at 7:40 PM said...

whehehe...ada juga niee tips mudikkkk


Suport me yaa

basofi on July 13, 2012 at 8:53 PM said...

makqasih mas..
tipnya sangat bermanfaat
tapi taun ini saya cuma liburan dirumah aja. hehe

Outbound Training Malang on August 14, 2012 at 8:11 PM said...

salam sukses gan, bagi2 motivasi .,
Pikiran yang positiv dan tindakan yang positiv akan membawamu pada hasil yang positiv.,.
ditunggu kunjungan baliknya gan .,.

Silvervens Area Int > Like Now on August 31, 2012 at 11:55 AM said...

Sipp dahhh Salam Sukses Selalu,,

yozidahfilputra on September 1, 2012 at 2:46 AM said...

salam kenal dari
yozidahfilputra.blogspot.com
sitemap
privacy policy
my note's
link exchange
free link

Obat Kolesterol on September 25, 2012 at 1:21 PM said...

mengunjungi blog yang bagus dan penuh dengan informasi yang menarik adalah merupakan kebahagiaan tersendiri.... teruslah berbagi informasi

C3C3P on October 29, 2012 at 3:53 PM said...

Anda begitu sangat ahli dalam membuat sebuah artikel, informasi ini sangat sangat saya butuhkan, kenapa? Karena informasi ini perlu saya ketahui untuk menambah ilmu yang belum saya ketahui. Terimakasih sebelumnya sobat….

Fauzi Sep on October 29, 2012 at 3:54 PM said...

Anda begitu sangat ahli dalam membuat sebuah artikel, informasi ini sangat sangat saya butuhkan, kenapa? Karena informasi ini perlu saya ketahui untuk menambah ilmu yang belum saya ketahui. Terimakasih sebelumnya sobat….

cecep cabanas on October 31, 2012 at 11:12 AM said...

Anda begitu sangat ahli dalam membuat sebuah artikel, informasi ini sangat sangat saya butuhkan, kenapa? Karena informasi ini perlu saya ketahui untuk menambah ilmu yang belum saya ketahui. Terimakasih sebelumnya sobat….

Obat Tradisional on November 24, 2012 at 8:16 AM said...

makqasih mas
tipnya sangat bermanfaat

Obat Herbal Vitiligo on November 30, 2012 at 2:03 PM said...

trmksh infonya

Ume on December 4, 2012 at 8:05 AM said...

terimakasih iatas informasinya semoga makin sukses

obat tradisional sinusitis on December 8, 2012 at 8:57 AM said...

infonya sangat berguna banget

obat tradisional kanker darah on December 8, 2012 at 8:57 AM said...

sukses terus ok

obat tradisional diare on December 8, 2012 at 8:58 AM said...

izin gabung sini ajach ya

obat tradisional wasir on December 8, 2012 at 8:59 AM said...

nice info and salam kenal ajach ya

OBAT HERBAL PENYAKIT STROKE on December 13, 2012 at 4:27 PM said...

Makasih infonya

Obat Diare on December 13, 2012 at 9:29 PM said...

kunjungan balik gan,,,cuma lihat

ace maxs on December 13, 2012 at 9:30 PM said...

artikel yg membuat insfirasi gan,,trims

pengobatan infeksi saluran kemih on December 15, 2012 at 3:20 PM said...

makasih ya infonya,,

pengobatan migren on December 15, 2012 at 3:22 PM said...

salam kenal ya buat semuanya,,

pengobatan kanker payudara on December 15, 2012 at 3:23 PM said...

terimakasih buat infonya,,

Direktori WeBlog on December 16, 2012 at 2:17 AM said...

Thanks sharingnya, gan!
Salam kenal...Kalau berkenan mau ngundang untuk ikutan gabung dengan teman-teman lain yang sudah SUBMIT URL BLOG-nya ke Direktori Weblog Indonesia :)

Obat Penyakit Darah Tinggi on December 19, 2012 at 8:19 AM said...


Hallo sobat

Obat Penyakit Jantung Koroner on December 19, 2012 at 8:20 AM said...


Bagus bangut infonya

Obat Penyakit Kanker Usus on December 19, 2012 at 8:20 AM said...


Ikut menyimak di sini ya

Obat Penyakit Kanker Paru Paru on December 19, 2012 at 8:21 AM said...



Selamat atas usahanya

obat herbal alzheimer on December 22, 2012 at 8:26 AM said...

oke juga ne infonya sangat bagus

obat herbal liver empedu on December 22, 2012 at 8:28 AM said...


ayo mampir balik...

obat herbal kanker hati on December 22, 2012 at 8:29 AM said...


mantap juga nie gan sangat menarik.........

obat herbal kanker kelenjar getah bening on December 22, 2012 at 8:29 AM said...


salam kenal aja deh......

obat penyakit liver on December 22, 2012 at 8:31 AM said...


Thanks to Share...!
Goog luck :)

Obat Tradisional Gondok on December 26, 2012 at 9:42 AM said...

makasih infonya

Obat Tradisional Insomnia on December 26, 2012 at 9:46 AM said...

semoga sukses selalu

Obat Tradisional Kanker Otak on December 26, 2012 at 9:50 AM said...

Salam kenal dan sukses selalu

Obat Tradisional Diabetes Melitus on December 26, 2012 at 9:53 AM said...


infonya sangat bermanfaat sekali

Obat Tradisional Penyakit Jantung Koroner on December 26, 2012 at 9:56 AM said...

thank's infonya

Obat Tradisional Penyakit Kanker Usus on December 26, 2012 at 10:00 AM said...

Ikut gabung sisni ea

Obat Tradisional Penyakit Kanker Paru-Paru on December 26, 2012 at 10:03 AM said...

sukses terus ea

Obat Tradisional Penyakit Kanker Otak on December 26, 2012 at 10:07 AM said...

jangan lupa mampir balik ya gan

Obat Herbal Penyakit ginjal on January 3, 2013 at 1:42 PM said...


hallo:)

Obat Herbal Penyakit Tumor Lambung on January 3, 2013 at 1:42 PM said...



makasih ya atas infonya , mudah mudahan bermanfaat trus .

Obat Herbal Penyakit Kanker Tulang on January 3, 2013 at 1:43 PM said...


salam hangat slalu

Obat Herbal Penyakit Kanker Serviks on January 3, 2013 at 1:44 PM said...


jangan lupa mampir dulu ya , Good luck !!!

Obat Tradisional Gondok on January 3, 2013 at 3:36 PM said...

makasih infonya

Obat Tradisional Insomnia on January 3, 2013 at 3:41 PM said...

semoga sukses selalu

Obat Tradisional Kanker Otak on January 3, 2013 at 3:45 PM said...

Salam kenal dan sukses selalu

Obat Tradisional Diabetes Melitus on January 3, 2013 at 3:51 PM said...

infonya sangat bermanfaat sekali

Obat Tradisional Penyakit Kanker Paru-Paru on January 3, 2013 at 3:55 PM said...

thank's infonya

Obat Tradisional Penyakit Kanker Otak on January 3, 2013 at 4:00 PM said...

Ikut gabung sisni ea

Obat Tradisional Penyakit Liver on January 3, 2013 at 4:06 PM said...


sukses terus ea

Obat Tradisional Penyakit Patah Tulang on January 3, 2013 at 4:10 PM said...

jangan lupa mampir balik ya gan

obat tradisional kanker usus on January 8, 2013 at 3:07 PM said...

nice and thanks.

obat tradisional vertigo on January 8, 2013 at 3:08 PM said...


WOW!!! Nice Post!

obat tradisional kanker darah / leukemia on January 8, 2013 at 3:09 PM said...


good luck always ok!

obat herbal ace maxs on January 8, 2013 at 3:10 PM said...


thanks for share information to it.

cara mengobati komplikasi on January 8, 2013 at 3:10 PM said...


kunjungan pertama backlink disini

cara pemesanan ace maxs on January 8, 2013 at 3:10 PM said...


izin menyimak ajach dulu soalnya belum paham betul

obat tradisional ace maxs on January 8, 2013 at 3:11 PM said...


salam kenal gan

sinopsis dan review film on January 20, 2013 at 12:44 AM said...

terima kasih tipsnya sob...

Obat Penyakit Ambeien on January 23, 2013 at 8:02 AM said...

memang bener banget ya gan kalo kita lagi mau bepergian kita harus memperhartikan dulu yang ada di rumah kita supaya tetap aman dan bepergian pun akan menjadi lebih tenang.

terimakasih atas tips nya gan

Anonymous said...

@William * I was attempting to give back a message but
I can’t believe it is on your web site.
Could you remember to visit my site?
Look into my site - www.turkbetcenter.com

Obat Tradisional Jantung Koroner on May 27, 2013 at 10:55 AM said...

informasi yang sangat membantu sekali..
terimakasih ....

Obat Radang Usus Buntu Tradisional on May 27, 2013 at 1:13 PM said...

info yang menarik sekali..
terimakasih banyak....

ACHMAD ALFANSURI on May 28, 2013 at 5:20 AM said...

Info penting nih gan...
mantap

syabany on July 11, 2013 at 8:47 AM said...


terimakasih atas informasinya sangat bermanfaat

syabany on July 12, 2013 at 1:03 PM said...

makasih infonya

cara menyembuhkan kanker serviks on July 16, 2013 at 8:23 AM said...

terimakasih atas informasinya

obat benjolan on September 5, 2013 at 2:46 PM said...

Asiik lumayaan gan pemabahasannnya, berguna banget buat saya, terimakasih & semoga sukses selalau

obat penurun panas anak on September 10, 2013 at 11:35 AM said...

artikel yang mearik, insfiratif banget buat saya. makin sukses aja yah.

obat penurun panas anak on September 10, 2013 at 11:40 AM said...

artikel yang mearik, insfiratif banget buat saya. makin sukses aja yah.

asenkgrafis.com on March 4, 2014 at 11:27 AM said...

tips yang bermanfaat untuk liburan nanti,
thanks kawan :D

www.asenkgrafis.com

Anonymous said...

This is my first time pay a quick visit at here and i am in fact happy to read all at single place.


My webpage click (http://beatsbydrestudiotop.com)

Post a Comment

 

Followers

Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template Vector by DaPino