Friday, June 8, 2012

Mendambakan Layanan Publik yang Bersahabat

Layanan Publik Massal (sumber: setkab.go.id)
Assalamu’alaikum sobat blogger dan wong Plembang dimanapun berada. Di tahun 1990-an, rasanya sangat sulit kota Palembang yang kita cintai ini menjadi kota yang diperhitungkan di antara kota Besar di Indonesia. Pada masa itu, Palembang agak tenggelam diantara kota-kota besar yang lain seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Jogjakarta bahkan untuk pulau Sumatera pun pasti tak akan bisa melampaui nama besar Medan. Hampir tidak ada satu ikon pun yang layak kita banggakan selain Jembatan Ampera, pempek, dan kebesaran kerajaan Sriwijaya di masa lalu. Even-even nasional maupun Internasional pun jarang menghampiri kota tua ini.

Tapi, bila kita bicara saat ini, tahun 2012, yang juga bertepatan dengan ulang tahun ke 1329 kota Palembang, semua sudah berbalik 180 derajat. Palembang sudah menjelma menjadi kota yang cukup disegani dari sekian banyak ibu kota Propinsi di negeri ini. Sejumlah lompatan prestasi dalam membangun infrastruktur kota di segala bidang sudah menyamai bahkan melampaui kota-kota besar lain. Dipercayanya Palembang menyelenggarakan Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2004 serta event akbar olahraga negara-negara Asia Tenggara SEA GAMES menjadi bukti nyata telah diakuinya kemajuan yang ada oleh pemerintah pusat. Sebagai bukti, warga kota Palembang pun tidak  malu-malu lagi memakai kaos bertuliskan ‘I love Palembang’. Tapi, ibarat kata pepatah tiada gading yang tak retak. Tentu saja masih ada kekurangan disana sini yang tentunya tak berhenti pula pemerintah kota untuk memperbaikinya, salah satunya adalah layanan publik yang baik dan bersahabat.

Pelayanan Publik adalah Hak Masyarakat
Pada kesempatan ini saya akan mengutip mentah-mentah definisi  pelayanan publik dari Wikipedia (http://id.wikipedia.org/wiki/Pelayanan_publik) “Pelayanan publik atau pelayanan umum dapat didefinisikan sebagai segala bentuk jasa pelayanan, baik dalam bentuk barang publik maupun jasa publik yang pada prinsipnya menjadi tanggung jawab dan dilaksanakan oleh Instansi Pemerintah di Pusat, di Daerah, dan di lingkungan Badan Usaha Milik Negara atau Badan Usaha Milik Daerah, dalam rangka upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat maupun dalam rangka pelaksanaan ketentuan peraturan perundang-undangan”

Membaca dari definisi di atas, tentunya terselip tujuan mulia untuk memberikan layanan jasa terbaik pada masyarakat, khususnya kota Palembang. Beberapa pelayanan tersebut dapat diselenggarakan oleh pemerintah maupun pihak swasta. Diantara layanan publik yang disediakan oleh pemerintah seperti pelayanan pembuatan KTP, SIM ataupun akta tanah, pelayanan atas keamanan, listrik. Sedangkan layanan pendidikan dan kesehatan, selain pemerintah, pihak swasta juga menyediakannya. Masyarakat  berhak memilihnya mana yang memberikan layanan terbaik pada mereka. Pelayanan publik bertanggung jawab kepada otoritas politik dan hukum, selain itu juga pelayanan oleh pemerintah selayaknya tidak untuk mencari keuntungan (non-profit oriented) karena sumber pendanaan institusi publik berasal dari dana masyarakat juga khususnya retribusi dan pajak. Penyedia layanan jangan memperhitungkan seberapa besar keuntungan yang didapat. Idealnya pelayanan publik harus bersifat ekonomis dengan pengertian biaya yang terjangkau oleh masyarakat, bahkan gratis. Sehingga apa yang menjadi tujuan Undang-Undang Pelayanan Publik (secara resmi bernama Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik) dapat diimplementasikan dengan baik.


Upaya Pemerintah Kota Palembang dalam Meningkatkan Layanan Publik
Sebagai masyarakat yang sehari-harinya bersentuhan langsung dan sangat membutuhkan layanan publik yang prima, saya menilai bahwa pemerintah kota Palembang sudah berusaha untuk memberikan dan membenahi pelayanan yang terbaik buat warganya. Contoh nyata, mungkin dulu kita tidak pernah membayangkan kawasan Benteng Kuto Besak akan menjadi seperti sekarang. Kawasan BKB saat itu sangat kumuh dan rawan tindak kejahatan. Padahal, kawasan tersebut termasuk situs sejarah Palembang dan terletak di pusat kota. Sekarang, bisa kita lihat dan nikmati sendiri, kawasan tersebut menjadi tempat yang tertata rapi tempat masyarakat berwisata sambil menikmati keindahan Jembatan Ampera dan sungai Musi yang mengalir di bawahnya.  Di bidang kebersihan kota, sepertinya anugerah piala Adipura enggan lepas dari kota tercinta ini. Taman kota (area terbuka public) gencar dibangun di beberapa tempat.
Kawasan BKB yang dulu semrawut sekarang menjadi Area Publik yang nyaman (foto koleksi pribadi)

Kalau dulu kita melintas di kawasan Kambang Iwak, rasanya biasa-biasa saja karena saat itu tempat tersebut hanya berupa kolam luas tanpa penataan yang baik. Sedangkan sekarang, jadi tempat yang begitu asri dan tertata rapi dengan fasilitas yang lengkap, tidak heran setiap hari masyarakat Palembang menjadikannya tempat tongkrongan favorit dan arena jogging yang sejuk. Selain itu, ada beberapa taman lain yang baru dikembangkan seperti Taman Simpang Polda.

Untuk urusan transportasi publik massal sejak beberapa tahun ini, pemerintah kota telah menghadirkan Trans Musi sebagai alternatif yang lebih baik dalam mengatasi masalah layanan transportasi umum. Masyarakat dapat bepergian ke berbagai tempat tujuan di dalam kota Palembang dengan memanfaatkan bis ini. Untuk layanan pembayaran pun, Trans Musi mulai menggunakan smart card yang canggih. Untuk menunggu kedatangan bis, terdapat halte-halte yang teratur. Saat kita merasakan kenyamanan Trans Musi, tanpa sadar kita telah merasakan langsung upaya pemerintah kota Palembang dalam melayani masyarakatnya.






Trans Musi (sumber: trendygalih.com)

KPPT Palembang sebagai Ujung Tombak Pelayanan Publik
Inovasi dalam pelayanan public telah dirintis oleh pemerintah kota Palembang dengan dibentuknya KPPT (Kantor Pelayanan Perijinan Terpadu) adapun layanan perizinan yang dapat diurus disini meliputi:

  • Keterangan Rencana Kota
  • Keterangan Kajian Lingkungan
  • Keterangan Hygiene dan Sanitasi
  • Ijin Pemanfaatan Rawa
  • Ijin Operasional Biro Jasa Reklame.
  • Ijin Penyelenggaraan Reklame
  • Ijin Mendirikan Bangunan (IMB)
  • Ijin Gangguan
  • Ijin Jasa Usaha Kepariwisataan
  • Ijin Bidang Industri
  • Ijin Wajib Daftar Perusahaan (TDP)
  • Ijin Usaha Perdagangan (SIUP)
  • Ijin Pemakaman dan Pengabuan Jenazah
  • Ijin Penyelenggaraan Sarana Pelayanan Optikal
  • Ijin Penyelenggaraan Sarana Pelayanan Apotik
  • Ijin Penyelenggaraan Sarana Pelayanan Toko Obat
  • Ijin Penyelenggaraan Sarana Pelayanan Medik Dasar
  • Ijin Apoteker
  • Ijin Kerja Tenaga Teknis Kefarmasian
  • Ijin Bidan
  • Ijin Kerja Perawat
  • Ijin Kerja Perawat Gigi
  • Ijin Usaha Perikanan
  • Ijin Pemotongan Hewan
  • Ijin Pertambangan Bahan Galian Golongan C
  • Ijin Pemanfaatan Jalan Kota Utilitas
  • Ijin Pembuangan Limbah Cair
  • Ijin Usaha Jasa Konstruksi (IUJK)
  • Ijin Trayek Angkutan Jalan
  • Surat Ijin Operasional
  • Ijin Trayek Angkutan Sungai
  • Ijin Praktik Dokter
(Sumber : http://www.kppt.palembang.go.id)

Ini semua diusahakan untuk memutus jalur birokrasi pengurusan izin yang selama ini dikenal rumit dan membingungkan masyarakat. Diharapkan, ungkapan miring, seperti, “Jika bisa bayar mengapa harus gratis, jika bisa dipersulit mengapa harus dipermudah, jika bisa diperlama mengapa harus dipercepat” dapat berangsur-angsur dihilangkan. 

Selain itu pengawasan terhadap aparat pelayanan publik juga harus dilakukan baik pengawasan internal oleh atasan dan aparat pengawasan fungsional maupun pengawasan eksternal yang dilakukan masyarakat secara langsung.

Perlunya pengawasan terhadap pelayanan publik adalah agar terpenuhinya hak masyarakat dalam mengakses pelayanan publik. Sebab, selama ini aparat pelayanan publik tidak sedikit yang masih belum memahami tugas dan pengabdiannya dalam memberikan pelayanan publik yang baik kepada masyarakat. Pada akhirnya pelayanan publik yang bersahabat dapat terwujud di segala bidang. Dirgahayu kotaku tercinta Palembang yang ke-1329, jayalah selalu !
Wassalamu’alaikum Wr. Wb

Salam Blogger Sumsel Bersatu !

70 comments:

Anonymous said...

Wah blog calon juara nih...
Tambah mantap aja ni pak chandra nulisnya. Happy blogging
regard's - tio.ireng

M. Chandra Panjinata on June 8, 2012 at 1:12 PM said...

@Tio Ireng's Blog: biasa aja nih, juara antar RT....he...he.....baru diposting nih, tdnya bingung materi apa....happy blogging

catatan darmanto on June 8, 2012 at 11:07 PM said...

Selamat buat semua prestasi kota palembang dan semoga jadi yang terbaik dalam lomba blog ini ya pak...

Ery Todes on June 9, 2012 at 2:57 AM said...

Nice blog pak, selamat ulang tahun ke-1329 Kota Palembang

M. Chandra Panjinata on June 9, 2012 at 2:20 PM said...

@Catatan Darmanto: trima kasih ucapan selamatnya, urusan menang...urusan Allah dan dewan juri....happy blogging selalu

@Ery Todes : terima kasih sobat....

Dena Arta Putra on June 11, 2012 at 5:45 PM said...

ngeliat gambar orang yang naik di gerbong kereta serem,Nice Post gan

M. Chandra Panjinata on June 11, 2012 at 5:55 PM said...

@Dena : itulah yang disebut layanan publik yang belum bersahabat...terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar...happy blogging

angels on June 11, 2012 at 7:14 PM said...

Nice blog gan... maju terus untuk kota Palembang

M. Chandra Panjinata on June 11, 2012 at 7:16 PM said...

@Angels : terima kasih sobat....happy blogging

EKA IKHSANUDIN on June 11, 2012 at 7:45 PM said...

Semoga apa yang dicita-citakan tercapai ya Pak, Selamat Ulang Tahun ke 1329 buat Kota Palembang dan Sukses selalu... Aamiin :)

M. Chandra Panjinata on June 11, 2012 at 8:07 PM said...

@Eka: Aaamiiiiiin .....terima kasih komentar dan kunjungannya sob

apink on June 11, 2012 at 10:21 PM said...

Mantab, kota palembang memang tidak boleh dipandang sebelah mata, dari sejarah pun telah membuktikan bahwa Palembang selalu memegang peranan penting,, Dirgahayu palembang,,
nice share gan, thanks..

M. Chandra Panjinata on June 11, 2012 at 10:29 PM said...

@Apink: tinggal lagi, menjaga dan meningkatkan kemajuan yang telah dicapai terutama pelayanan publik bagi masyarakat kecil....terima kasih sudah mampir..happy blogging

ILHAM on June 11, 2012 at 10:33 PM said...

nice artikel...

keyeen...

M. Chandra Panjinata on June 11, 2012 at 10:53 PM said...

@Ilham: terima kasih sob atas kunjungannya....bila anda belum ke Palembang, saya doakan ada kesempatan kesini...happy blogging

anisayu on June 11, 2012 at 11:33 PM said...

mendambakan layanan bersahabat,
inilah keinginan mantab.. :)

Djangkaru Bumi on June 12, 2012 at 5:51 AM said...

Palempang semakin oye !
Pemerintah harus lebih memanusiawikan manusia. Dan layanan pablik harus lebih ramah tanpa berbelit belit.

M. Chandra Panjinata on June 12, 2012 at 6:25 AM said...

@Anisayu: lambat laun layanan di kota kami mulai mengarah ke perubahan 'lebih bersahabat'....thanks telah berkunjung...

@Djangkaru Bumi: setuju sob, sebagaimana harapan kita masyarakat kecil ini....terima kasih sudah mau mampir...happy blogging

Deny Suhardi on June 12, 2012 at 9:27 AM said...

kalau menurut saya, Pak Chandra, SDM kita jauh merosot dari tahun ketahun,..fenomena ini penyebab utamanya adalah pengelolaan SDM kita kurang berkompetensi dibidang masing-masinag, siapa mereka? ya tentu saya Pemerintah yang dimonitor wakil dadakan kita (DPR yang terhormat),..sarjana teknik ada diperbankan, S,Sos,.ada di IT, S.Pd jadi camat,..ya jadinya beginilah raut muka bangsa kita,..kalo maen sepakbola kiper jadi striker,..tapi kita wajib bermimpi walau mimpi ini semakin menjauh

M. Chandra Panjinata on June 12, 2012 at 9:38 AM said...

@Deny Suhardi: tidak sepenuhnya posisi tsb salah, contohnya dalam suatu Bank tidak juga 100% harus sarjana ekonomi diperlukan jg sarjana bidang lain untuk analisa yg berkaitan bidang tsb...komitmen untuk mengabdilah yg kurang dari bangsa ini. komitmen untuk jujur pun sangat parah, padahal sprti kita tahu semua orang pintar banyak sekali di negeri ini, tp saat ada kesempatan yang dipilih kadang orang yang 'punya uang' saja, sehingga yang berkompeten tersingkirkan....thanks sudah mau komentar dan berkunjung...salam blogger Sumsel bersatu

Syailul Andesta on June 12, 2012 at 10:07 AM said...

Benar bangat mas chandra, sekarang banyak sekali layanan publik yg masih kurang tepat sasaran, gak sesuai dengan semestinya gitu.

M. Chandra Panjinata on June 12, 2012 at 10:12 AM said...

@Syaiful Andesta: tp sudah kita lihat jg upaya dari pemerintah untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pelayanan publik, contohnya KTP elektronik, Transmusi (di Palembang).....walau disana sini masih tampak kekurangan...

Muhamad Eko Saputra on June 12, 2012 at 4:08 PM said...

parah bgt itu naik keretanya Kodokoala

M. Chandra Panjinata on June 12, 2012 at 6:42 PM said...

@Muhammad Eko Saputra: semoga kereta 'maut' yg seperti itu, hilang dr peredaran....berganti yang lebih manusiawi....terima kasih sudah berkunjung...happy blogging

Perencanaan Finansial Pendidikan Si Buah Hati on June 13, 2012 at 11:33 PM said...

Itulah kelebihan indonesia sudah tau berbahaya tapi nekad naik kereta api sampai diatapnya

Hadeh....

M. Chandra Panjinata on June 14, 2012 at 4:41 AM said...

@Perencanaan Finansial: iya sih, malah ada yang naik kendaraan umum seperti bis kota yang nekad bergelantungan, padahal mrk masih membayar....terima kasih atas kunjungannya

affanibnu on June 14, 2012 at 9:28 AM said...

sebagai kota sedang.. tampaknya pemerintah kota saya harus benyak belajar, salah satunya ke palembang.. :D

M. Chandra Panjinata on June 14, 2012 at 3:00 PM said...

@Affanibnu: boleh jg tuh, sharing dalam pengelolaan layanan publik...terima kasih sdh berkunjung

iCinema on June 14, 2012 at 10:13 PM said...

bener bgd tuh kang.. layanan publik kdu di nomer satukan.. jgn cuma bayarnya dsuruh nomer 1

odonks on June 15, 2012 at 7:35 AM said...

whew..
dsana juga layanan publik agak kurang perhatian dari pemerintah y?
waduh ternyata dimana-mana seperti ini..

sekalian salken om :D

M. Chandra Panjinata on June 15, 2012 at 3:00 PM said...

@Icinema: setuju, tp sayang yg bayarpun sering tidak mendapatkan pelayanan yg baik

@Odonks : tp sudh ada niat untuk memperbaiki layanan publik walau masih ada kekurangan

Thanks sudah berkunjung, happy blogging

ICAH BANJARMASIN on June 15, 2012 at 6:16 PM said...

salut bang sama artikelnya abang..salam kenal bang..hahhayyy

Misbahudin on June 15, 2012 at 8:10 PM said...

selamat ya gan,semoga selalu maju dan tingkatkan prestasimu palembang,...hehehe go a head

M. Chandra Panjinata on June 15, 2012 at 9:18 PM said...

@Icah Banjarmasin: salam kenal kembali

@Misbahudin: terima kasih sudah berkunjung, happy blogging

arie5758 on June 16, 2012 at 10:58 AM said...

Perbaikan layanan publik memang sangat dibutuhkan khususnya untuk masyarakat. Tuntutan globalisasi yg serba cepat, mengharuskan adanya perubahan dlm tatanan kota yg menginginkan kemajuan. Jika layanan lelet dg kualitas yg buruk, jangankan para wisatawan, penduduk lokalnya saja enggan untuk memanfaatkannya kalau tidak terpaksa.

Sukses selalu dan terus maju utk Palembang, berikut juga blog ini dan adminnya makin beken :)

M. Chandra Panjinata on June 16, 2012 at 1:38 PM said...

@Arie5758: 'sangat dibutuhkan dan harus' upaya peningkatan layanan publik karena semua itu adlah hak rakyat sebagai pembayar pajak.. Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar...happy blogging

Nyayu Amibae on June 17, 2012 at 8:52 AM said...

yohaaa mangcek,,,hmm,, maaf baru biso komen,,, maklum baru meraso lemak BW klo di pelembang,, happy week end bae,, semangaat!! :)

Darmawan Saputra on June 17, 2012 at 6:34 PM said...

Terima kasih atas artikelnya.
o iya selama saya jelajah mencari ilmu tentang blogging, menurut saya anda memiliki kelebihan tersendiri dari situs-situs lain dan jujur potensi anda juga sangat bagus, banyak juga ilmu yang saya pelajari disini jika ada waktu saya akan berkunjung lagi.



#Semoga sehat selalu :D

M. Chandra Panjinata on June 18, 2012 at 8:47 PM said...

@Nyayu: makonyo bicek baleklah ke Palembang, dijamin koneksi lancar...he..he...mokasih ye sudah berkunjung....

@Darmawan Saputra : terima kasih dukungannya sob, blog ini menurutku masih banyak harus belajar dari para senior....salam hormat dan terima kasih

yahya on June 19, 2012 at 6:58 AM said...

sekarang tuh memang bisa layanan publik diperbaiki, namun semakin mahal juga ongkos penggunaannya..

M. Chandra Panjinata on June 19, 2012 at 7:05 AM said...

@Yahya: tinggal komitmen pemerintah untuk melaksanakannya, karena layanan publik adalah hak rakyat....

Blog Keperawatan on June 19, 2012 at 7:45 AM said...

KPPT (Kantor Pelayanan Perijinan Terpadu) Palembang ternyata juga melayani surat ijin perawat juga yah sahabat, tentunya akan memudahlan teman sejawat perawat untuk mendapatkannya.

Memang selama ini kita mendambakan sarana tranportasi yang murah dan nyaman sahabat, semoga kedepannya akan lebih baik lagi pelayanan publiknya dalam segala hal aamiin

M. Chandra Panjinata on June 19, 2012 at 7:57 AM said...

@Blog Keperawatan: iya sob, izin Bidan, Perawat, dan beberapa izin untuk kesehatan dapat diurus di KPPT, bagaimana di kota sobat? terima kasih sudah berkunjung...salam hormat

wongcrewchild on June 19, 2012 at 8:34 AM said...

palembang smakin berkmbang pesat, playanannya di KPPT nya nampak smakin mmudahkan masyarakat..
wah blom pernah brknjung kepalembang neh bang..pngen rasanya berada di jembatan ampera sambil menikmati pekmpeknya..wuiiih :)

M. Chandra Panjinata on June 19, 2012 at 8:39 AM said...

@wongcrewchild: saya doakan suatu saat sobat berkesempatan mengunjungi Palembang...terima kasih sudah berkunjung, salam hormat

cerita anak kost on June 19, 2012 at 2:22 PM said...

wah saya belum penah ke palembang, namun sepertinya ia menjadi kota amat maju dengan apa yang sodara ceritakan, ehm, menrik sekali pemerintahannya tanggap terhadap layanan masyarakatnya ya.

nice ppt on June 19, 2012 at 2:23 PM said...

palembang memang maju saat ini bang.

M. Chandra Panjinata on June 19, 2012 at 5:07 PM said...

@Cerita Anak Kost : memang dalam bbrapa tahun ini pemerintah provinsi maupun kota Palembang, sudah berhasil mengejar ketertinggalannya dibanding beberapa tahun yang lalu......terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar

@Nice PPT: Alhamdulillah bro, berkat kerja keras semua pihak....thanks sudah berkunjung

Munir Ardiku on June 19, 2012 at 11:47 PM said...

banyak peningkatan di blog Putra sang Pejuang Nih mas Chandra maaf lama tak berkunjung kesini

M. Chandra Panjinata on June 20, 2012 at 6:33 AM said...

@Munir Ardiku: thanks sobat lama sudah mau berkunjung kembali....

BlogS of Hariyanto on June 21, 2012 at 9:25 AM said...

yang utama adalah sinergi antara pemerintah dan masyarakat...pemerintah mengeluarkan peraturan tata tertib yang tegas...dan masyarakat patut dan taat terhadap peraturan tersebut :)

M. Chandra Panjinata on June 21, 2012 at 6:46 PM said...

@Blogs of Hariyanto; asal pemerintahnya konsekuen menjalankan aturan dengan adil, jujur, dan amanah...Insya Allah, rakyat dengan sendirinya akan ikut serta mensukseskan....salam hormat...terima kasih atas kunjungannya

Obat Penyubur Kandungan on June 22, 2012 at 9:35 PM said...

semoga aja kedepan bisa

M. Chandra Panjinata on June 23, 2012 at 7:10 AM said...

@Obat Penyubur Kandungan : Insya Allah sob, terima kasih sudah meluangkan waktu berkunjung disini

zulham on July 18, 2012 at 4:33 AM said...

aku punya keluarga di kota palembang,..kalau menelpon ke aku katanya kota palembang sekarang terus berbenah,..kota palembang pasti kota yang bagus,..sebagaimana kota2 lain di negeri ini yang terus berbenah,..termasuk makassar,mengenai pelayanan publik,..memang sob sektor tersebut adalah salah satu penentu suksesnya suatu kota dimata masyarakat,..cuman terkadang ada oknum tertentu yang terkadang merusak semangat pelayaan yang baik,..

Jevri Apriansyah on October 16, 2012 at 12:23 PM said...

Semoga ja ke depannya lebih baik aamiin

http://sukses-menanti.blogspot.com/2012/10/hipnotis-for-success.html#more

cecep endar on October 29, 2012 at 3:58 PM said...

Anda begitu sangat ahli dalam membuat sebuah artikel, informasi ini sangat sangat saya butuhkan, kenapa? Karena informasi ini perlu saya ketahui untuk menambah ilmu yang belum saya ketahui. Terimakasih sebelumnya sobat….

cecep cabanas on October 31, 2012 at 11:18 AM said...

berkunjung sambil baca2 sob...sukses slalu :D

agussidik on December 17, 2012 at 11:34 AM said...

fasilitas umum akan semakin meningkat dan lebih baik

pengobatan kanker payudara on December 19, 2012 at 10:12 AM said...

sukses selalu

pengobatan infeksi saluran kemih on December 19, 2012 at 10:15 AM said...

sukses yah buat artikelnya,

pengobatan migren on December 19, 2012 at 10:17 AM said...

good info

pengobatan nyeri haid on December 19, 2012 at 10:19 AM said...

ilmu baru nih,makasih ya

pengobatan kanker paru-paru on December 19, 2012 at 10:29 AM said...

informasinya menarik

Obat Penyakit Kanker Prostat on January 23, 2013 at 8:11 AM said...

kota palembang memang berbeda dengan kota yang lainnya. Dan rasanya saya pun ingin merasakan kesejukan di kota palembang yang asri itu.
mudah-mudahan apa yang di inginkan masyarakat palembang kepada pemerintahnya akan segera tertangani ya gan.

syabany on July 11, 2013 at 8:47 AM said...


terimakasih atas informasinya sangat bermanfaat

syabany on July 12, 2013 at 1:04 PM said...

makasih infonya

cara menyembuhkan kanker serviks on July 16, 2013 at 8:24 AM said...

terimakasih atas informasinya

obat benjolan on September 5, 2013 at 2:46 PM said...

Asiik lumayaan gan pemabahasannnya, berguna banget buat saya, terimakasih & semoga sukses selalau

obat penurun panas anak on September 10, 2013 at 11:40 AM said...

artikel yang mearik, insfiratif banget buat saya. makin sukses aja yah.

Post a Comment

 

Followers

Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template Vector by DaPino