Friday, June 1, 2012

Potensi Dunia Digital Sumatera Selatan

Assalamu’alaikum Wong Sumsel dan sobat Blogger dimana pun berada. Mudah-mudahan kita semua dilimpahi Allah SWT kesehatan dan rezeki yang banyak. Semangat kerja kita pun hendaknya tidak berkurang walaupun akhir-akhir ini kita sering nongkrong di SPBU buat ngantri BBM yang agak ‘diatur’ pendistribusiannya. Bicara BBM mengingatkan pada potensi daerah kita, Sumsel tercinta. Provinsi ini diberi karunia berupa sumber daya alam berlimpah berupa bahan tambang (Minyak Bumi, Gas, dan Batubara), hasil hutan, perkebunan, dan perikanan. Wajar, bila salah satu media cetak di Sumsel berani menuliskan ‘Sumsel, Propinsi Terkaya Ke-lima di Indonesia’. Namun, dibalik kekayaan yang berlimpah tersebut, sudahkah dimanfaatkan dengan baik? Dimanfaatkan semaksimal mungkin demi kemakmuran rakyat Sumsel secara menyeluruh. Tapi, sebagai warga Sumsel kita juga harus menyadari belum semua potensi tersebut dikelola, karena tidak kecil investasi dibutuhkan. Investor besar pun sangat ditunggu kehadirannya untuk menanamkan modalnya di daerah ini.

Mengutip dari www.sumselprov.go.id, Potensi minyak bumi di Sumatera Selatan mempunyai cadangan 5.034.082 MSTB Produksi ekploitasi pertamina dan mitranya selama 1998-2002 baru rata-rata 3.718.720 barrel perhari. Cadangan gas alam yang ditemukan di kabupaten Musi Banyuasin, Lahat, Musi Rawas dan Ogan Komering Ilir mencapai 7.238 BSCF. Produksi ekploitasi 4 tahun terakhir baru rata-rata 2.247.124 MMSCF. Cadangan batubara di Sumatera Selatan 18,13 milyar ton. Lokasi batubara terdapat di kabupaten Muara Enim, Lahat, Musi Banyuasin dan Musi Rawas. Mutu cadangan batubara pada umumnya berjenis lignit dengan kandungan kalori antara 4800-5400 Kcal/kg. Cadangan batubara tersebut baru dikelola PT Bukit Asam dam dan PT Bukit Kendi pada lokasi Kabupaten Muara Enim. Sedangkan cadangan sebanyak 13,07 Milyar Ton belum dikelola sama sekali. Untuk pembangkit tenaga listrik
Daya tampung saat ini 411,975 KW. Saat ini PLN masih defisit ;lebih kurang ;90 Mega Watts. Kebutuhan setiap tahun meningkat. Diprediksi tahu 2012 defisit PLN di Sumatera Selatan akan mencapai 291,91 Mega Watts.

Melihat angka-angka tersebut bukan main kayanya bumi Sumatera Selatan walau untuk urusan listrik masih defisit, belum lagi kekayaan alam Indonesia secara keseluruhan. Dibutuhkan sinergi maupun inovasi semua pihak yang terkait, baik pemerintah maupun masyarakat. Janganlah terjadi seperti kata pepatah ‘anak ayam mati di lumbung’, masyarakat Sumatera Selatan yang serba kekurangan di Lumbung Energi.
Tapi saya tidak akan membahas masalah sumber daya alam ini secara lebih jauh. Karena di era globalisasi ini ada potensi baru yang tak kalah menjanjikan, apakah itu? Saya tanpa malu-malu akan mengatakan, potensi dunia digital.

Gambaran Sederhana Prospek Dunia Digital

Mungkin orang awam, akan mengernyitkan dahi dan menganggap sesuatu yang mustahil bila saya katakan ‘anda bisa jadi pengusaha tanpa modal’, ‘berjualan tanpa perlu punya ruko dan stok barang’, ‘mendapatkan uang dari iklan’ atau lebih ekstrim lagi saya katakan ‘dapat uang dengan hanya duduk di depan komputer/laptop anda di rumah sambil ngopi’…bisakah itu terjadi? Sedang mengkhayalkah saya saat memberi saran ini pada saudara? Dengan tegas saya akan katakan, bisa ! dan saya bukan hanya memberi angin surga, asal anda bersedia melaksanakan anjuran ini dengan kerja keras. Pasti anda akan balik bertanya mana buktinya, setidaknya dari saya sendiri. Saya jawab, pembuktian dari saya masih saya rintis dan diusahakan. Sedangkan bukti nyata di sekeliling kita cukup banyak.

Ok, dulur se-Palembang anget! tanpa perlu berdebat panjang lebar saya akan berbagi cerita tentang keberhasilan salah seorang dulur kito, Diah Catur Mediansyah, wong Palembang satu ini yang berprofesi sebagai guru bahasa Inggris sebuah Sekolah Dasar swasta di kota Palembang berhasil memulai bisnis dengan menjual seprei secara online sebagai pekerjaan sampingan. Bisnis ini bermula dari hobinya berselancar di dunia maya melalui jejaring sosial Facebook, merasa bosan ia mulai mengarahkan hobinya untuk membuka bisnis online kecil-kecilan. Ia pun menghubungi temannya yang menjadi supplier serta menawarkan diri sebagai reseller, dicarinya supplier yang memberikan harga termurah. Tanpa modal ia pun memulai usaha ini, ini memungkinkan karena sistemnya pembeli mentransfer sejumlah uang dulu baru barang dikirim. Uniknya, uang inilah yang langsung ia setorkan ke supplier. Rata-rata per bulan Diah sanggup mengumpulkan keuntungan yang lumayan sekitar Rp. 1,5 juta lebih besar dari gajinya per bulan (Sriwijaya Post, Kamis 24 Mei 2012). Coba bayangkan, hanya dengan duduk di depan komputer atau laptop di rumah yang nyaman bisa menawarkan produk dan bertransaksi melayani pembeli. Bila terjadi transaksi tinggal cek melalui SMS Banking, lalu setor ke supplier via SMS Banking juga. Tanpa toko di dunia nyata, ia pun dapat mengalirkan pundi-pundi keuntungan ke rekeningnya.

Di lingkup yang lebih luas, Reza Nurhilman. Dengan keterbatasan dana membangun usaha, pemuda 23 tahun ini meraih sukses tak terkira berkat dunia maya. Ia memanfaatkan situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter sebagai media pemasaran. Reza adalah pemilik usaha keripik pedas 'Maicih', yang saat ini sangat terkenal seantero Nusantara. 

Hanya setahun setelah meluncurkan usahanya di Twitter, ia mampu mengantongi omzet penjualan Rp 4 miliar per bulan. Berangkat dengan modal sekitar Rp15 juta, ia membuat permainan yang memancing penasaran Facebookers dan Tweeps. Ia merancang lokasi penjualan berpindah-pindah setiap hari, yang hanya dapat diketahui dengan melihat status Facebook (#maicih) atau Tweet Maicih (@infomaicih).

Strategi itu sukses. Keripiknya menjadi barang yang dicari. Konsumen harus antri demi mendapatkan keripik superpedas itu. Bahkan, suatu hari antrian mengular hingga satu kilometer. "Strategi pemasaran sengaja saya pilih berpindah-pindah sehingga orang penasaran untuk selalu mengetahui di mana keripik Maicih nongkrong," ucapnya. 


Kedua contoh tersebut di atas, hanya sekedar ilustrasi mengenai manfaat bisnis melalui dunia digital bagi wong cilik seperti kita. Belum lagi potensi lebih besar yang dapat memberi kontribusi bagi daerah seperti Sumatera Selatan maupun Indonesia secara luas.

Perkembangan Industri dan Media Digital di Indonesia
Baiklah sedikit akan saya gambarkan, mengapa ini bisa menjadi sumber daya alternatif selain sumber daya alam bagi propinsi Sumatera Selatan maupun Indonesia. Sebuah situs penn-olson.com dalam sebuah video presentasi yang dibuat oleh 4 orang mahasiswa Singapore Management University, menjelaskan bahwa Indonesia is the next big thing in digital media (Negara dengan potensi besar pada dunia digital). Tentunya, ini bukan pernyataan kosong tanpa arti, apalagi dilontarkan oleh orang yang terpelajar. Ini menandakan bahwa Indonesia adalah bagian terpenting dari perkembangan dunia digital masa depan. Buktinya, saat ini saja Indonesia tercatat sebagai salah satu negara terbesar pengguna jejaring sosial khususnya Facebook dan Twitter.
Memanfaatkan Akses Internet di sebuah Free Hot Spot Area

Pasar Indonesia pun turut mendukung berkembangnya bisnis digital. Pendapatan per kapita Indonesia yang kini mencapai US$3.542,9 membuat jumlah masyarakat kelas menengah terus bertambah. Alhasil, konsumsi produk berbasis teknologi pun terus meningkat.
Statistik menunjukkan pengguna layanan data saat ini mencapai 62 juta orang, angka ini diperkirakan akan meningkat menjadi 167 juta pengguna pada 2016 dengan 109 juta pengguna layanan data menggunakan telepon pintar, dan sekitar 22 juta pengguna menggunakan komputer tablet maupun personal computer (PC). Sementara itu pengguna internet diperkirakan akan meningkat dari 40 juta orang pada 2011 menjadi 175 juta orang pada 2016. (Sumber: Warta Ekonomi No.06/2012 bag-1). Kalau tak ingin direbut bangsa lain, maka jangan pernah abaikan potensi digital negeri ini. Sudahkah kita melakukannya? 

Tentunya ini merupakan peluang. Peluang apa? bahkan sangat banyak. Peluang ini bisa dimanfaatkan untuk beragam urusan baik pribadi, sosial, bisnis dan bahkan politik. Tinggal bagaimana kita memanfaatkan sarana ini.
Sebagai contoh, sekarang banyak selebriti social media hadir padahal awalnya mereka bukan apa-apa dan bukan siapa-siapa. Briptu Norman, Sinta Jojo, Udin Se-dunia merupakan figur yang meroket di jagad hiburan melalui media Youtube.

Memiliki sebuah blog yang dibuat secara gratis pun merupakan salah satu lahan bisnis, setidaknya selain memasarkan produk, blog tersebut dapat menjadi sarana untuk menayangkan iklan orang lain seperti Adsense milik raksasa internet dunia Google, maupun produk iklan lokal seperti Adsense Camp, Kumpul Blogger dan lain-lain. Kita hanya disarankan rajin posting dan melakukan aktivitas blogwalking (mengunjungi blog lain) serta meninggalkan komentar yang bermutu. Terlebih lagi Adsense saat ini dapat ditayangkan pada blog yang berbahasa Indonesia.

Besarnya potensi pengembangan industri digital juga didukung dengan infrastruktur jaringan telekomunikasi seluler yang sudah jauh lebih baik. Sekarang , jangkauan layanan seluler sudah mencakup hampir di seluruh wilayah Indonesia. Yang tak kalah pentingnya khususnya bagi pelaku industri periklanan. Kemudahan mengakses situs-situs  serta jejaring sosial, khususnya dari ponsel, bukanlah hal yang sulit dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia.
Produk Resmi Google Adsense untuk Blog Berbahasa Indonesia

Telepon selular seharga Rp. 400 ribu pun, kini telah menyediakan fitur-fitur koneksi internet. Hal ini membuat pengguna internet dan pelaku di sosial media tak lagi sebatas kalangan menengah ke atas, tapi seluruh lapisan masyarakat. Dengan alasan ini, tidak berlebihan bila ada media massa tanah air mulai beralih dari cetak ke online. Di masa yang akan datang, mungkin hanya  ada segelintir saja media cetak yang akan bertahan dikarenakan sumber daya alam yang semakin menipis. Malah, banyak tukang ojek motor yang menggunakan fasilitas jejaring sosial untuk melayani pelanggannya.

Menuju Sumatera Selatan Cyber City

Waw, istilah keren apalagi ini bro? bisa-bisanya saya mengucapkan atau menuliskan istilah Cyber City, untuk Sumatera Selatan lagi. Bisakah itu diterapkan di provinsi tercinta ini? Oh, tunggu dulu dulur sekalian, saya tidak akan menjawab dengan penjelasan saya sendiri yang belum tentu anda mengerti. Saya akan kembali mengutip. Mengutip ucapan siapa lagi, bro? saya akan mengutip penjelasan dari sang Penggagas konsep Cyber City buat Sumatera Selatan yaitu Gubernur kita Bapak Alex Noerdin.

Sumatera Selatan Cyber City merupakan konsep kota modern yang berbasis teknologi. Konsep kota masa depan yang memudahkan masyarakat mengakses layanan informasi tanpa batas melalui internet. Sebab internet saat ini telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari masyarakat.
“Sebuah kota dengan konsep Cyber City yang telah mapan akan menjadi sebuah kota yang terkoneksi di seluruh bidang. Berbagai kebutuhan masyarakat kota dalam berbagai bidang, baik ekonomi, sosial, politik, pendidikan dan lain-lain tersaji dalam satu konsep yang saling berhubungan. Sehingga pada akhirnya konsep Cyber City akan dapat meningkatkan kualitas masyarakat Sumsel,” kata Alex Noerdin di Palembang, Selasa (29/05/2012). (Sumber : sumselprov.go.id)

Sumatera Selatan Cyber City merupakan konsep kota modern yang berbasis teknologi. Konsep kota masa depan yang memudahkan masyarakat mengakses layanan informasi tanpa batas melalui internet. Sebab internet saat ini telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari masyarakat.

Salah satu langkah nyata yang terlihat adalah peluncuran area hotspot pada beberapa tempat strategis seperti taman kota, tempat olahraga, bandara, pelabuhan, terminal, mall dan tempat wisata akan semakin memudahkan masyarakat menikmati koneksi internet. Minat wisatawan lokal dan asing pun akan terdongkrak untuk berkunjung ke daerah ini. Para pebisnis pun tidak ketinggalan akan kebagian manfaat dari fasilitas ini. Tentunya konsep cyber city ini bila terlaksana dengan baik akan sangat mendukung potensi digital provinsi Sumatera Selatan khususnya dan Indonesia pada umumnya.


Manfaat Cyber City bagi Sumatera Selatan 
    Apa sih manfaat yang akan didapatkan masyarakat bila konsep ini dilaksanakan di Sumatera Selatan? Setidaknya ada tiga manfaat, antara lain:

      1. Komunikasi Data antar SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah)
Data merupakan jantung dari sebuah organisasi -apapun bentuk dari organisasi tersebut, karena data adalah dasar dari sebuah suksesnya pengambilan keputusan. Oleh karena itulah maka integritas data di dalam pemerintahan sangat diperlukan.


Dengan penggunaan komunikasi data antar SKPD dan penciptaan database yang efektif akan tercipta data yang terintegrasi. Sehingga keputusan yang akan diambil oleh pucuk pimpinan atau kepala pemerintahan tidak akan meleset jauh dari kenyataan di lapangan.


Manfaat lain dari adanya komunikasi data antar SKPD ini adalah dimungkinkannya diciptakan komunikasi yang lebih efekstif dan efisien untuk internal pemerintah. Penggunaan teknologi yang tepat guna dapat dapat digunakan untuk mereduksi biaya yang selama ini ada untuk komunikasi suara (telepon) antar SKPD, faksimile dan bahkan meningkatkan performa dengan penggunaan teknologi video conference.


2. Pelayanan Masyarakat
Peningkatan pelayanan masyarakat melalui konsep Cyber City ini bisa didapatkan dari dua sisi yang berbeda, yaitu:


Pertama adalah dampak dari peningkatan kinerja SKPD itu sendiri. Dengan jaringan komunikasi data yang luas, maka pelayanan masyarakat bisa lebih didekatkan pada lokasi di mana mereka berada. Dan dengan semakin dekatnya pelayanan masyarakat tersebut, tentu saja membuat membantu masyarakat dalam mobilitas mereka untuk mencari pelayanan publik.


Kedua adalah dimungkinkannya penempatan Base Transceiver Station (BTS) WIFI -hotspot yang diperluas, pada areal dimana SKPD berada. Dengan penempatan BTS WIFI ini maka masyarakat di areal sekitar SKPD dapat menggunakan jaringan tersebut untuk mengakses self-serviced system atau sistem layanan mandiri berbasiskan TIK -semisal untuk e-learning, e-procurement dan layanan mandiri lainnya yang dibuat oleh pemerintah kota/kabupaten.




3. Pendapatan Asli Daerah
Pembangunan jaringan Cyber City ini, bila memiliki kapasitas yang cukup besar dan telah dapat digunakan untuk menyelesaikan kebutuhan internal pemerintahan, dapat pula dikerjasamakan dengan pihak swasta untuk digunakan dalam sisi bisnis. Pemanfaatan ini tentu saja bisa mendatangkan Pendapatan Asli Daerah. Bekerjasama dengan pihak swasta, bukan saja dapat mendatangkan PAD dalam pemanfaatan sumber daya tersebut, namun juga bisa mengurangi kesulitan pemerintah dalam perawatan jaringan. (Sumber: http://www.suarasurabaya.net)

Tentunya pengadaan infrastruktur dan aplikasi konsep Cyber City ini harus dibarengi dengan persiapan SDM yang akan mengelola infrastruktur tersebut.

Demikianlah sobat blogger dan sanak sedulur se-Sumsel anget, sebagai warga masyarakat kita do’akan konsep ini terlaksana dengan baik di Propinsi Sumatera Selatan Tercinta. Bila ada sumur di ladang boleh kita menumpang mandi, bila ada kata yang salah jangan disimpan di dalam hati. Kali ini aku pun jatuh cinta lagi. Dengan siapo, Mang? Dengan Sumatera Selatan Provinsi Digital.

Salam Blogger Sumsel bersatu !
Wassalamu’alaikum Wr.Wb

Biodata Ku:
Nama : M.Chandra Panjinata
Pekerjaan : Instruktur TIK di SD Muhammadiyah 6/14 Palembang
Hobi : Berteman, ngeblog
Alamat : Griya Hero Abadi AB 2 Palembang

53 comments:

secangkir teh dan sekerat roti on June 1, 2012 at 7:39 PM said...

kota kota di luar jawa perlu memajukan duni digitalnya masing2.. seperti di kota saya juga kang.. :)

M. Chandra Panjinata on June 1, 2012 at 7:50 PM said...

@Secangkir teh dan sekerat roti: terima kasih sobat sudah berkunjung, prop. Sumsel saat ini sedang mencanangkan program Cyber City...

Anonymous said...

pagi pak chandra bagus blognya, mampir ke blog saya ya....ireng.stikescharitas.ac.id

Deny Suhardi on June 2, 2012 at 8:05 AM said...

mantap pak

M. Chandra Panjinata on June 2, 2012 at 8:12 AM said...

terima kasih mas Stefanus dan Mas Deny Suhardi, saya akan mampir ke blognya...happy blogging...

Blog Keperawatan on June 2, 2012 at 7:31 PM said...

Terima kasih sahabat atas berbagi informasi dan juga informasinya sahabat

Didin Supriatna on June 2, 2012 at 9:44 PM said...

Kesuksesan seseorang memang sudah di tentukan tuhan,, tapi kita di anjurkan untuk berusaha ya salah satunya mencari yang termudah... bisnis online telah banyak membuktikan kepada khalayak bahwa tidak sedikit yang sukses dari internet.. seperti jual produk,, tour,, travel,, jasa,, masak - memasak,, bla.. bla.. bla.. dan sebagainya... kita harus bersyukur adanya internet.. tapi harus waspada efek buruknya juga jangan sampai kita terlena gara2 online.. hehehe... ^__^

I Love Indonesia on June 2, 2012 at 9:46 PM said...

saya suka artikelnya penuh pelajaran,, tapi jujur saya ga selesai baca,, panjang banget.. yang penting nice share,, and happy blogging..

M. Chandra Panjinata on June 2, 2012 at 10:01 PM said...

@Blog Keperawatan : lama kita tak jumpa sobat, terima kasih masih mau berkunjung ke tempat ku....

@Didin Supriatna: benar sekali sob, dibalik gemerlapnya dunia online memang saya sadari banyak jg kejahatan yang mengikutinya....salam hormat..

@I Love Indonesia : terima kasih sudah sudi membaca artikel kami, mudah-2 an ada waktu untuk membacanya lebih lanjut.....happy blogging

Muhammad Rahman Arif on June 3, 2012 at 12:18 AM said...

pemanfaatan dari segi teknologi internet mulai menjamur di sumsel.. semoga dengan pemanfaattan ini, potensi yang ada di sumsel menjadi lebih baik.. mari wujudkan sumsel menjadi Cyber City, provinsi digital

M. Chandra Panjinata on June 3, 2012 at 6:53 AM said...

@Muhammad Rahman Arif: Cyber City menjadi pemicu perkembangan dunia digital untuk kemashalahatan masyarakat Sumsel.....terima kasih sudah berkunjung

alkatro on June 3, 2012 at 10:50 AM said...

wa'alaikum salam
konsep cyber city sumsel wow,
dunia digital bisa menjadi gerbang kemajuan bersama,
hari ahad sore biasanya paman yang di plaju nelpon ayah, entar ah ane nanya2 :D
makasih sharenya bang :)

M. Chandra Panjinata on June 3, 2012 at 12:27 PM said...

@Alkatro: thanks sudah komentar, mudah-2an masyarakat banyak dapat menikmati akses hotspot yang gratis dan cepat....

Isaac Ahmed (Ahmad Isa) on June 3, 2012 at 3:36 PM said...

great posting!!! success...

M. Chandra Panjinata on June 3, 2012 at 3:51 PM said...

@Isaac Ahmed: thanks bro, kunjungan mu sangat berarti bagiku....happy blogging

Asis Sugianto on June 3, 2012 at 3:57 PM said...

wah sumatera selatan memang kota yang bagus sobat...

M. Chandra Panjinata on June 3, 2012 at 4:00 PM said...

@Asis Sugianto: Alhamdulillah, daerah kami sebagaimana propinsi yang lain, memang memiliki potensi SDA yang berlimpah....

Mas Didik on June 3, 2012 at 7:09 PM said...

Wahh Mantab gan artikelnya, bakal ada juara nihh,,,

M. Chandra Panjinata on June 3, 2012 at 9:35 PM said...

@Mas Didik: terima kasih telah sudi mampir di blog ini, masalah Juara itu hanya Allah dan juri yang tahu...lagi pula banyak blog lain artikelnya lebih hebat dr saya, tp mereka sepertinya sengaja tidak menonjolkan diri....saya tahu itu....happy dan keep blogging...

basofi on June 3, 2012 at 11:46 PM said...

malam mas..
selamat beristirahat ya..?

Asis Sugianto on June 4, 2012 at 4:50 AM said...

syukru alhamdulillah kalau banyak potensi SDA yang berlimpah sobat, bedah dengan aderah saya yang minim SDA

M. Chandra Panjinata on June 4, 2012 at 8:06 AM said...

@Basofi : terima kasih sob sudah berkunjung....

@Asis Sugianto : sbnrnya tiap daerah di Indonesia memiliki kelebihan dari segi SDA, mungkin belum terekplorasi saja.....happy blogging

Djangkies on June 4, 2012 at 10:16 AM said...

wa'alaikumsalam warrohmatullohi wabarrokatuh Kang,
Sebuah tulisan yang menjadi penyemangat dalam berkarya dan mengembangkan diri. Sudah selayaknya para pemudah memiliki pemikiran untuk menjadi insan yang mampu mengembangkan potensi diri dan lingkungannya. Kita sudah waktunya membuah jauh-jauh pemikiran generasi karyawan, karena kalo kita hanya berpikir sebagai karyawan maka potensi-pontesi yang ada dilingkungan masing-masing belum termanfaatkan secara maksimal.

Djangkaru Bumi on June 4, 2012 at 11:37 AM said...

Peluncuran area hotspot sangat membantu masyarakat.
Masyarakatpun akan terbuka wawasannya dan pastinya akan bertambah pula ilmunya.

M. Chandra Panjinata on June 4, 2012 at 1:25 PM said...

@Djangkies : saya sangat setuju dengan prinsipnya, kamauan untuk berwirausaha para pemuda, pasti akan membuka banyak lapangan pekerjaan bagi yang mau bekerja dan tentu saja dapat meringankan beban pemerintah dalam mengentaskan masalah pengangguran.

@Djangkaru Bumi : pastinya masyarakat gak perlu susah-susah beli modem, sehingga biaya online akan semakin murah bahkan gratis....happy blogging

Nadia Septifanny on June 4, 2012 at 7:13 PM said...

Dengan cyber city semoga sumsel bisa terus maju ya :D

M. Chandra Panjinata on June 4, 2012 at 9:50 PM said...

@Nadia Septifanny: Insya Allah terwujud, sehingga semua lapisan masyarakat dapat menikmatinya...

wongcrewchild on June 4, 2012 at 9:55 PM said...

cyber city, sejalan dg prkmbangan dunia IT yg bgtu pesat
gagasan yg uptdte, smga bsa terealisasi, mngimbangi prkembngan zaman sob..

M. Chandra Panjinata on June 5, 2012 at 6:15 AM said...

@Wongcrewchild: doa'akan sob, program ini berjalan dengan baik di kota kami.....happy blogging

Dharma Sehat on June 7, 2012 at 1:46 AM said...

Inspiratif banget sobat,Sumsel memang saat ini berkembang pesat sob,buktinya dari kampung saya juga banyak yang merantau kesitu untuk mendapatkan pekerjaan.

M. Chandra Panjinata on June 7, 2012 at 5:44 AM said...

@Dharma Sehat: Alhamdulillah, artinya kemajuan Sumsel dapat memberi kesempatan mencari nafkah tidak hanya warga asli tp jg warga pendatang dari wilayah lain Indonesia....terima kasih sudah mau mampir....happy blogging

SANG PEMBELAJAR on June 8, 2012 at 1:01 AM said...

Artikelnya sangat bermanfaat... sarat akan semangat pembangunan Indonesia lebih maju...
Oia, Hadir perdana di mari... Mau ikutan share ne:
MP3 Kisah Inspiratif Bag. XI, reviewnya ditunggu Sob, :) Thanks, salam bLogger

afri on June 8, 2012 at 2:09 AM said...

wahh sesuatu yang sangat menarik untuk dibaca ,, salam hormat bos

M. Chandra Panjinata on June 8, 2012 at 9:23 AM said...

@Sang Pembelajar : Terima kasih kunjungannya, tentunya semangat adalah pemicu untuk kita berkarya lebih baik.

@Afri : salam hormat kembali, happy blogging !

Randy on June 17, 2012 at 1:48 PM said...

mas bro wong palembang yo ??
salam kenal mas bro,
ane wong baturaja :)

mas bro blh minta no hp nyo dx ato kontak yg bs di hubungi
ado yg nak ane tanyoke..
hehehe
kirim kesini b yo mas bro :
randy.ekoprasetyo@gmail.com

outbound malang on June 18, 2012 at 11:23 AM said...

kunjungan gan .,.
saat kau kehilangan arah ingatlah masih ada yang menolong mu
dan tetap berdoa mengharap untuk menemukan jalanmu.,.
di tunggu kunjungan balik.na gan.,.

outbound malang on June 18, 2012 at 11:23 AM said...

kunjungan gan .,.
saat kau kehilangan arah ingatlah masih ada yang menolong mu
dan tetap berdoa mengharap untuk menemukan jalanmu.,.
di tunggu kunjungan balik.na gan.,.

M. Chandra Panjinata on June 18, 2012 at 9:04 PM said...

@Randy & Outbond Malang: terima kasih sudah bersedia berkunjung di blog sederhana ini, salam hormat selalu....

Randy on June 21, 2012 at 2:51 AM said...

gmna mas bro candra
ado yg nak d tanyoke
minta email ny b nah

M. Chandra Panjinata on June 21, 2012 at 6:19 PM said...

@Randy: chandrapanjinata@gmail.com, kalo ado pertanyaan boleh jg ditulis disini....

cecep cabanas on October 31, 2012 at 11:20 AM said...

berkunjung sambil baca2 sob...sukses slalu :D

pengobatan kanker otak on December 22, 2012 at 11:27 AM said...

hai,gan

pengobatan nyeri haid on December 22, 2012 at 11:29 AM said...

thank's untuk informasinya

pengobatan migren on December 22, 2012 at 11:35 AM said...

informasinya menarik banget

pengobatan infeksi saluran kemih on December 22, 2012 at 11:40 AM said...


sehat dan sukses selalu

pengobatan kanker payudara on December 22, 2012 at 11:44 AM said...

ikut gabung sini yah

pengobatan kanker paru paru on December 22, 2012 at 11:51 AM said...

salam sukses buat semua

syabany on July 11, 2013 at 8:46 AM said...


terimakasih atas informasinya sangat bermanfaat

syabany on July 12, 2013 at 1:05 PM said...

makasih infonya

cara menyembuhkan kanker serviks on July 16, 2013 at 8:24 AM said...

terimakasih atas informasinya

obat benjolan on September 5, 2013 at 2:47 PM said...

Asiik lumayaan gan pemabahasannnya, berguna banget buat saya, terimakasih & semoga sukses selalau

obat penurun panas anak on September 10, 2013 at 11:41 AM said...

artikel yang mearik, insfiratif banget buat saya. makin sukses aja yah.

Cara Membuka Aura on October 22, 2015 at 10:07 AM said...

Percayakah Anda dengan membuka Aura seseorang bisa Membuat anda semakin cantik dan tampil mempesona . .

kami punya jawabanya silahkan klik disini ==> Cara Membuka Aura Kecantikan

Post a Comment

 

Followers

Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template Vector by DaPino