Sunday, March 23, 2014

6 Fakta Kesederhanaan Bung Hatta

Sobat Blogger yang sangat kuhormati dan kubanggakan, bulan-bulan ini suhu politik di negeri kita tercinta ini mulai meninggi dan lebih berwarna saat masa kampanye dimulai tanggal 16 Maret 2014 kemarin. Kita berdoa semoga tahapan Pemilu tahun ini berjalan aman, lancar, dan sukses menghadirkan pemimpin yang pro rakyat hingga negara kita bisa menjadi lebih baik lagi.

Oh ya sob, bicara tentang pemimpin dan teladan bangsa kita tidak bisa melupakan jasa dan nama besar salah satu proklamator kita yaitu Bung Hatta. Pada tulisan kali ini akan ditampilkan 6 Fakta Kesederhanaan Bung Hatta. Oke baiklah, tanpa perlu berpanjang lebar lagi simak satu per satu faktanya sebagai berikut:

1. Mengembalikan Dana Taktis Wakil Presiden

Walaupun Bung Hatta bukanlah orang kaya, tapi ia tak sudi mengambil yang bukan haknya. Gajinya sebagai Wakil Presiden bukan lebih banyak digunakan untuk membeli buku. Bung Hatta pernah menyuruh Asisten pribadinya untuk mengembalikan uang sejumlah 25 ribu yang pada waktu itu jumlah ini terhitung sangat besar. Uang tersebut merupakan dana taktis sebagai wakil presiden, padahal uang itu tidak perlu dipertanggung jawabkan, tak dikembalikan pun tidak apa-apa. Tapi sebagai seorang negarawan yang jujur Bung Hatta tetap mengembalikannya ke kas negara.

2. Kesulitan Membayar Tagihan Listrik

Bung Hatta, isteri dan ketiga anaknya tinggal di jalan Diponegoro 57 Jakarta hanya mendapatkan uang pensiun Rp. 3.000,- Uang ini sangat kecil sehingga Bung Hatta dengan susah payah membayar tagihan listrik rumanya.

Hebatnya lagi walaupun dalam kesusahan, Bung Hatta menolak jabatan menjadi Komisaris di beberapa perusahaan nasional dan perusahaan asing. Alasannya cukup sederhana, apa kata rakyat nanti bila ia menerima jabatan sebagai komisaris. Ia pun pernah menolak jabatan di Bank Dunia. Perlu sobat ketahui, jabatan komisaris itu adalah jatah pejabat yang pensiun, tak perlu bekerja sang mantan pejabat pun akan mendapatkan jatah setiap bulannya. Cara inilah yang tidak disukai Bung Hatta.

3. Tak Mampu Beli Sepatu Bally

Seperti yang disampaikan oleh mantan Sekretaris Bung Hatta, Iding Wangsa Widjaja. Bung Hatta sangat mengidam-idamkan sepasang sepatu merk Bally yang pada waktu itu merupakan salah satu brand yang sangat ternama. Dan sampai akhir hayatnya pun, guntingan iklan sepatu Bally tersebut masih tersimpan di dompetnya. Seandainya ia mau menggunakan kuasanya sebagai Wakil Presiden, sepatu tersebut mudah saja untuk dimilikinya.

4. Sang Isteri Menabung untuk Sebuah Mesin Jahit

5. Naik Haji dengan Hasil Tabungan Sendiri

Bung Karno pernah menawarkan sebuah pesawat terbang yang semua biayanya ditanggung oleh negara pada saat Bung Hatta beserta keluarganya hendak naik haji di tahun 1952. Namun, Bung Hatta menolaknya karena ia ingin naik haji sebagai rakyat biasa bukan sebagai Wakil Presiden. Bung Hatta pun berangkat haji setelah mengumpulkan honorariumnya dalam penulisan beberapa buku.

6. Meminta Dimakamkan di Kuburan Rakyat Biasa

Saat meninggal pun Bung Hatta tidak mau dimakamkan di Taman Makam Pahlawan ia  ingin dimakamkan di pemakaman bersama rakyat biasa. "Saya adalah rakyat biasa dan saya mau dikubur di pemakaman rakyat biasa", seperti dikutip dari buku 'Bung Hatta Menjawab".

Satu pertanyaan, adakah pejabat di negeri tercinta yang seperti ini ? Sobat Blogger pasti tahu jawabannya .... Happy Blogging 

Sumber : merdeka.com

8 comments:

Unknown on March 24, 2014 at 2:04 AM said...

kisanya bung hata cukup menyentuh kita semua agar menjadi seseorang yang bisa berdiri sendiri mas

Golput on March 24, 2014 at 11:43 AM said...

Sangat berbeda jauh dengan Pemimpin negara jaman sekarang, Bagai Langit dan Bumi

Unknown on March 24, 2014 at 3:36 PM said...

andai pemimpin kita seperti ini, Insya Allah rakyat tak akan golput ....Terima kasih atas kunjungannya

GST Impact Analysis on June 14, 2017 at 1:26 PM said...

Nice post, things explained in details. Thank You.

Bausch & Lomb PureVision on June 27, 2017 at 3:59 PM said...

Awesome work.Just wanted to drop a comment and say I am new to your blog and really like what I am reading.Thanks for the share

Cooper Vision Biofinity on June 28, 2017 at 4:23 PM said...

I really appreciate your professional approach. These are pieces of very useful information that will be of great use for me in future.

gtjseragam.com on February 19, 2024 at 3:32 PM said...

jangan lupa atas sejarah yang sebelum dijajah dan diacak-acak, karena jejak sejarah di masa era sebelum jajahan bangsa ini pemenangnya
gtjseragam.com

gtj seragam on February 19, 2024 at 3:34 PM said...

klik disini selengkapnya

Post a Comment

 

Followers

Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template Vector by DaPino