Saturday, March 15, 2014

Bakmi Jawa yang Pernah Masuk Istana Kepresidenan

Orang banyak menyebutnya Bakmi Kadin karena warung Bakmi ini terletak di area gedung Kadin kawasan Sayidan tak jauh dari jalan Malioboro Yogyakarta.Menikmati Bakmi Jawa satu ini kita akan diiringi oleh alunan musik keroncong yang dinyanyikan oleh pengamen jalanan.

Porsi Bakmi Jawa ini tidak terlalu besar, dengan kuah beraroma kaldu ayam, Bakmi ini juga dilengkapi ayam suwir, telur rebus dan irisan sayur kol dikombinasikan dengan cakwe terigu. 'Bakmi disini dibuat tanpa bahan pengawet atau sejenisnya", ujar juru masak warung Bakmi ini yang bernama pak Toko.Saat dinikmati, gurih kaldunya sangat terasa di lidah. Rahasia kenikmatan kaldu tersebut karena dibuat dari ayam kampung betina.

Untuk telur, Bakmi Jawa ini diberi telur bebek yang tentu saja berbeda dengan yang disajikan warung Bakmi lainnya. Warung yang lain menggunakan telur ayam broiler. Bumbu campuran tidak berbeda jauh dengan Bakmi Jawa lainnya yaitu minyak sayur, bawang putih dan garam. Untuk rasa pedas dapat ditambahkan irisan cabe rawit mentah. Bakmi ini juga tidak dimasak dengan kompor gas atau kompor minyak tanah tapi dengan kompor tanah liat dan api arang. Harga per porsinya berkisar antara Rp. 17.000,- - Rp. 22.000,- yang sangat terjangkau di kantong.

Oh ya sobat, Bakmi Jawa satu ini punya sejarah tersendiri, lho. Saat pak Harto masih berkuasa, Bakmi ini menjadi makanan kesukaan pak Harto dan keluarga besar Istana Kepresidenan kala itu antara awal tahun 80-an sampai tahun 1996. Sering juga dihidangkan saat ada jamuan makanan kenegaraan yang dihadiri tamu dari negara lain. Tapi sejak pak Harto lengser Bakmi Jawa ini tidak lagi menjadi langganan Istana. Nah, sobat bila mau menikmati makanan satu ini silahkan berkunjung ke Yogyakarta.

Sumber : kompas.com

4 comments:

Uda Awak on March 15, 2014 at 10:53 PM said...

Wah ini makanan kesukaan saya mas. Baru tahu kalau bakmi jawa ini pernah masuk daftar menu istana kepresidenan. Terima aksih informasinya mas...

M. Chandra Panjinata on March 16, 2014 at 7:58 AM said...

Sama-2 sobat Uda Awak...saya juga jadi ngiler nih pengen menikmati sajian bakmi jawa yg lezat :)

EKA IKHSANUDIN on March 16, 2014 at 12:52 PM said...

kalau liat makanan bawaannya jadi laper pak hihiii ...

M. Chandra Panjinata on March 16, 2014 at 2:38 PM said...

@Eka : iya nih sengaja di posting yg enak-2 supaya nafsu makan ikut bergairah :)

Post a Comment

 

Followers

Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template Vector by DaPino