Saturday, March 8, 2014

Madu Murni untuk Sang Raja

Alkisah ada seorang raja yang sangat menyukai madu murni. Suatu hari ia ingin mengetahui dan menguji sampai sejauh mana kecintaan rakyat padanya. Ialu ia memerintahkan pada pembantunya untuk menyiapkan satu drum besar yang diletakkan di tengah alun-alun kerajaan, dimintanya seluruh rakyat untuk menuangkan masing-masing semangkuk madu murni ke dalam drum tersebut.

Satu rakyatnya mempunyai ide nakal. Ia berniat menuangkan air saja sebagai ganti madu murni yang diminta rajanya, pertimbangannya bahwa harga madu murni sangatlah mahal serta sulit mendapatkannya. Dalam pikirannya apa yang akan dilakukannya tidak akan berpengaruh terhadap madu yang dituangkan ke dalam drum tersebut, dalam hatinya semua orang akan menuangkan madu murni sesuati dengan permintaan rajanya.

Setelah seluruh rakyat menuangkan madu murni ke dalam drum, akhirnya sang Raja membuka tutup drum tersebut. Ajaibnya, ia mendapati drum itu penuh dengan air. Ternyata ide menuangkan air yang mulanya hanya dipikirkan oleh seorang saja ternyata dipikirkan juga oleh seluruh rakyatnya.

Jadi, kesimpulannya ...hati-hatilah dengan ide negatif yang terlintas dalam pikiran kita, segera hapus dari niat kita sebelum dipikirkan dan dilakukan juga oleh orang lain. Bobolnya uang negara bisa jadi hanya ide negatif seorang pejabat, "Ah, saya hanya mengambil sedikit, kok !" Tapi karena dipikirkan oleh banyak oknum pejabat maka dicurilah uang negara dalam jumlah yang besar. Mari periksa pikiran kita jangan sampai kita menjadi penghasil ide-ide negatif di lingkungan keluarga maupun masyarakat sekitar.

Sumber : Buku Lentera Hikmah, 44 Renungan Inspiratif karya Ustadz Yogi Syafril, terbitan Excellent Publishing Palembang

2 comments:

Titis Ayuningsih on March 14, 2014 at 11:21 AM said...

jadi, intinya berhati-hatilah sebelum bertindak :)

mangchan on March 14, 2014 at 1:34 PM said...

Betullll mbak, terima kasih atas kunjungannya

Post a Comment

 

Followers

Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template Vector by DaPino